• Cart
    • Recently added item(s)

    • Your Cart is empty

Pengertian dan Fungsi Seni Lukis


Pengertian dan Fungsi Seni Lukis

Seni lukis merupakan karya seni rupa yang diungkapkan dalam  bidang dua dimensional melalui sebuah gambar. Perkembangannya dari seni lukis sejak lahirnya aliran seni lukis, disaat itu juga bersamaan dengan terciptanya beberapa karya seni rupa seperti karya seni bangunan, seni patung, dan seni relief. Di mana sebuah karya tersebut terutama setelah dibangkitkannya nilai-nilai klasik pada zaman kerajaan Yunani-Romawi. 

FUNGSI SENI LUKIS  berfungsi sebagai media komunikasi (sosial) melalui sebuah gambar dan ekspresi seseorang / seminan (individual) dalam upaya merespon berbagai aspek yang ada di lingkungannya melalui karya yang akan dibuatnya. Gaya lukisan seseorang atau kelompok yang memiliki kesamaan pandangan dalam pengungkapan ide, gagasan, tema, dan bentuk ungkapan.

Pendahuluan 
Seni lukis merupakan sesuatu karya seni yang berorientasi pada sebuah gambar yang sudah ada dari sejak zaman dahulu dan sampai sekarang tetap akan terus berkembang dan mengalami kemajuanyang sangat signifikan. Aliran seni lukis yang sudah mendunia sejak dulu tanpa disadari dalam seni lukis itu ada beberapa alirannya dan sudah banyak juga tokoh-tokoh seni yang mendunia melalui karya-karyanya. Semua banyak sudah mengetahui tokoh-tokoh seni lukis, akan tetapi tidak semua orang mengetahui bahwa dibalik seni lukis itu tersimpan beberapa aliran yang digunakan oleh setiap seniman dalam proses pembuatan karya seni lukis tersebut . Setiap seniman itu memiliki gaya dan ciri khas yang tersendiri dalam membuat sebuah  lukisan dan beberapa seniman itu menggunakan salah satu aliran yang berbeda-beda namun tetap membuat lukisan tersebut tetap menarik dan Indah di pandang mata. 

PERKEMBANGAN SENI LUKIS MODERN melihat bagaimana seni lukis ini mencapai suatu masa modern (seni rupa modern) yaitu tumbuhnya keinginan melukis atas dasar kebutuhan ekspresi jiwa senimanTerutama (dimulai) pada masa karya lukisan yang disebut impresionisme berkembang di Eropa dan mempengaruhi perkembangan seni rupa di dunia.